h1

Dibuang Oleh Tuhan?

27 March 2007

Sepi dan sendiri. Kita akan merasa sepi dan sendiri jika kita tinggal dalam kesalahan dan dosa. Hati kita kosong dan hampa. Jika kita berdoa, seakan Tuhan membisu. Tuhan diam terhadap kita.

Periksalah apakah hari ini anda masih dapat berkomunikasi dengan Tuhan? Ataukah anda sudah tidak dapat lagi berdoa? Bagaimana dengan membaca Firman Tuhan? Adakah masih ada kerinduan? Rasakan hidup anda, pahitkah? Jika hidup ini seakan tidak ada artinya dan setiap hari kita bergumul dengan dosa.

Anda mungkin sudah bosan dengan kehampaan, hidup kosong, doa yang tawar dan seakan tidak pernah didengarkan oleh Tuhan. Dan karena itu maka anda memutuskan untuk berhenti berdoa dan mencari Tuhan lagi. Mungkin anda sudah malas seperti itu terus dan dalam kelemahan anda merasa tidak layak menghadapNya? Bodoh! Sungguh bodoh anda jika anda seperti itu. Anda sungguh bodoh jika menjahui Tuhan dan bermusuhan denganNya.

Ingatlah walau bagaimanapun kesalahan dan dosa anda, jikalau anda benar-benar menyesalinya dan bertobat, Tuhan tidak pernah membuang anda. TanganNya selalu terbuka. Asalkan anda benar-benar menyesalinya dan bertobat. Sebab Tuhan tidak akan membuang umatNya, dan milikNya sendiri tidak akan ditinggalkanNya (Maz 94:14) Jangan sia-siakan kesempatan ini. Kesempatan dapat habis, jangan menimbun murka Allah diatasmu, jika sudah sampai batasnya, hukuman akan dilakukan dengan adil dan tanpa belas kasihan. Tuhan sudah menegaskan dalam FirmanNya bahwa Dia sayang dengan umat milikNya, yaitu anda. Jika saja anda mau berusaha lebih lagi dalam mencari Tuhan… Carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepadaNya selama Ia dekat. Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada Tuhan maka Ia akan mengasihinya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya (Yesaya 55 : 6 – 7). Saat ini Tuhan telah memanggil anda melalui tulisan ini untuk memeluk anda. Jangan keras hati dalam dosamu, tinggalkan semua dan berbaliklah dari jalanmu yang salah. Tuhan menunggu kehadiranmu dalam baitNya.

Tetapi walau tangan Tuhan terbuka lebar dan hatiNya berdebar-debar merindukanmu, keputusan tetap ditangan anda, waktu menetukan segalanya. Firman Tuhan berbicara tentang waktu keputusan itu adalah hari ini, bukan besok, sebab besok bisa jadi kesempatan hilang. Ingat hari ini, jika Tuhan berbicara dan menegurmu, bertobatlah. Seperti yang tertulis dalam Ibrani 3:15, Pada hari ini, jika kamu mendengar suaraNya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman. Anda dapat membaca juga ayat 13-19.

Memang jika kita masih tinggal dalam kesalahan dan dosa kita, Tuhan tidak dapat mendekati kita. Tuhan itu kudus dan ia tidak dapat bekerja sama dengan dosa. Hanya kita yang harus berusaha mendekat kepadaNya. Karena itu menyesalah dan rendahkan dirimu dihadapan Tuhan dengan membuang segala kesalahan dan dosamu maka Tuhan akan memperhatikanmu kembali. Dalam Yakobus 4 : 8 dikatakan, Mendekatlah pada Allah, dan Ia akan mendekat padamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang yang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati. Tuhan sendiri yang mengatakan dalam FirmanNya. Mendekatlah pada Allah… Dan kata-kata itu tidak ditujukan kepada orang yang kudus namun kepada orang yang telah jatuh dalam dosa. Tuhan ingin anda kembali kepadaNya. Tuhan ingin anda dekat denganNya. Jangan keraskan hatimu. Tangan Tuhan sedang terbuka bagi anda saat ini, hanya saja Tahirkanlah tanganmu dan sucikanlah hatimu.

Tuhan menyuruh dalam FirmanNya, mendekatlah… ini berarti kita yang harus terlebih dahulu mendekatiNya dengan membuang segala dosa kita. Ingat sifat Allah itu kudus, Dia tidak dapat berhubungan dengan orang berdosa. Ia tidak dapat mendekati orang yang penuh dengan dosa. Tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. (Yesaya 59:2). Karena itu dalam kalimat berikutnya dikatakan tahirkanlah… sebab untuk mendekati Tuhan kita harus tahir dari segala dosa kita. Jangan tunda lagi, saat ini juga segeralah berdoa kepada Tuhan Yesus yang adalah Tuhan dan Penebus kita. Mintalah ampun atas setiap kesalahan dan dosa-dosa kita dan bertobatlah, jangan mengulangi lagi hal-hal yang dibenci oleh Allah. Bacalah I Yohanes 1:9.

Perhatikan apa yang dikatakan Daud dalam Mazmur 31:23, Aku menyangka dalam kebingunganku: Aku telah terbuang dari hadapan mataMu. Tetapi sesungguhnya Engkau mendengarkan suara permohonanku, ketika aku berteriak kepadaMu minta tolong. Tuhan itu baik, jauh lebih baik dari yang selama ini kamu duga. Jangan sia-siakan hidup kamu dalam kubangan dosa yang akan membawa kamu kepada kebinasaan kekal. Harapan penulis adalah saat ini juga anda memutuskan hal yang benar, yaitu bertobat dan mendekati Allah yang sudah lama tanganNya terulur hendak memelukmu.

God Is Good

Leonardi Setiono


Top Blogs

4 comments

  1. Betul sekali…
    Imanuel, Allah beserta kita…


  2. hmm
    maaf yah saya mo curhat dikit
    emank Tuhan itu baik buat gw
    baik bgt
    tapi gw ga taw kenapa sekarang gw kayaknya ditinggal
    gw bingung bgt. gw masih duduk dibangku sma.
    dulu waktu smp gw anak aksel, nilai ga ada yang dibawah 8.


  3. tapi kenapa ya sekarang semuanya beda? semua yang gw pegang jadi abu. pelayanan gw kacau. temen2 seiman gw jatoh semua. gw nyaris ga naek kelas. orang yang gw sayang satu2 ilang. gw merasa gw bener2 dikutuk Tuhan. duh ga tau de. help me =.= capee


  4. Tuhan cinta kepada kita. Itu udah pasti. Dia juga sudah membuktikan cintaNya. Bukan hanya 2000 tahun lalu di kayu salib, tetapi sampai hari ini… bukti akan cintaNya dapat kita rasakan.

    Kadang kita dibutakan oleh kepentingan dunia ini sehingga kadang kita seolah tidak merasakan cintaNya.

    Saya bukan berkata bahwa cahaya matahari, hujan, bernafas, bisa melihat dan bla-bla-bla lainnya itu merupakan bukti cintaNya, tidak. Itu merupakan omongan orang yang kehabisan kata-kata.

    Tuhan mencintai kita, mencintai diri kita secara pribadi dan Allah membuktikan cintaNya didalam kehidup an kita. Setiap hari, setiap waktu. Pada saat kita merenungkan hidup ini didalam ketenangan dan didalam hadiratNya, pada saat itu anda akan tahu, bahwa anda special bagiNya. Mata anda akan terbuka, ingatan anda akan terbuka, dan kesadaran akan akan jelas, bahwa Ia mencintai kita dan memberikan yang terbaik bagi kita, bukan hanya saat itu, tetapi sejak awal Allah telah merajut kehidupan kita, dan kedepan kita dapat lebih yakin, Allah adalah pengharapan kita.

    Mungkin beberapa orang sukar memahami hal ini, terutama mereka yang merasa dibuang oleh Tuhan. Seperti yang diajarkan oleh FirmanNya, mulailah dengan membersihkan hati ini dari kepentingan dan kerunduan duniawi (1 Yohanes 2:15-17), mulailah dengan mentahirkan hati ini, setelah itu berdoalah…

    1 Petrus 4:7, berkata “… Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.”

    Kuasai diri kita, kuasai keinginan daging ini yang berontak dan menuntut dipuaskan, kemudian tenangkan hati kita, jangan biarkan hati ini berkeliaran dan memunculkan kekawatiran dan keresahannya. Kemudian setelah itu mulailah berdoa…

    Jika anda seorang karismatik atau pentakosta, berdoalah didalam bahasa Roh, sebab Roh Kudus akan membantu kita mengucapkan hal-hal yang terdalam didalam diri kita yang tak terucapkan (Roma 8:26, I Korintus 14:4).

    Berkeluh kesalah, ceritakanlah isi hati anda, kesedihan anda, keinginan anda dan kelemahan anda kepada Allah yang turut merasakan kelemahan-kelemahan kita(Ibrani 4:14-15). Ingatlah juga bahwa keinginan daging harus kita matikan karena itu merupakan perseteruan bagi Allah (Roma 8:7-8).

    Setelah anda dapat berdoa dengan baik, saya yakin ada akan merasakan dan menyadari kalau selama ini tanganNya tidak pernah terlepas dari anda.

    Hanya didalam hadiratNya anda akan melihat semuanya itu…



Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: